Urgensi Niat dan Pengaruhnya Terhadap Peserta Didik (Analisis Parsial Terhadap Hadith Innamal A’mălu Bi Niăt Riwayat Imam al-Bukhari)

Dr. H. Ahmad Tantowi, M. Si., M. Pd.I (2022) Urgensi Niat dan Pengaruhnya Terhadap Peserta Didik (Analisis Parsial Terhadap Hadith Innamal A’mălu Bi Niăt Riwayat Imam al-Bukhari). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 10 (01). pp. 61-71. ISSN 2549-2632

[img] Text
Urgensi_Niat_Dan_Pengaruhnya_Terhadap_Pe.pdf

Download (240kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan penelitian parsial terhadap hadith tentang pentingnya niat dan menjelaskan fiqhul hadith tentang pengaruh niat terhadap peserta didik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode content analysis. Hasil dari penelitian parisial ini menunjukkan bahwa hadith tentang pentingnya niat yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari ini berkualitas shahihu al-hadith karena dalam hadith ini semua periwayat tsiqah, semua sanad dalam hadith ini bersambung (muttasil) dan memiliki hubungan guru dan murid, matan dalam hadith ini tidak syadz, karena tidak bertentangan dengan dalil naqli baik al-Qur’an maupun hadith yang kualitas sanadnya lebih tinggi, dan matan dalam hadith ini tidak mengandung ‘illat, karena tidak bertentangan dengan dalil aqli. Adapun fiqhul hadith tersebut menjelaskan bahwa niat sangat berpengaruh terhadap peserta didik, khususnya dalam motivasi belajar. Jika niat peserta didik benar maka peserta didik tersebut akan termotivasi untuk belajar dengan bersungguh-sugguh, dan begitu juga sebaliknya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admin@stik-kendal.ac.id
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:43
Last Modified: 06 Feb 2024 08:43
URI: http://repo.stik-kendal.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item View Item